Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

penyebab air hijau pada kolam

PENYEBAB AIR HIJAU PADA KOLAM 

Kolam karakteristik sebagai air yang tergenang baik di buat manusia maupun secara alam, dimana ada air tergenang dan terkena sinar matahari di situ akan timbul Phytoplankton.
Disamping penampilan Phytoplankton tidak menarik dan sangat mengganggu Phytoplankton tersebut juga dapat membahayakan ikan.

Air hijau sering menjadi masalah bagi para pemelihara KOI, terutama bagi pemula atau pada kolam yang baru dibuat, namun tidak menutup kemungkinan kolam yang sudah lama dan airnya jernih tiba-tiba airnya menjadi hijau.
Pada umumnya air hijau mulai terlihat ketika suhu air menjadi tinggi  dikarenakan meningkatnya suhu udara akibat sinar matahari, terutama pada musim panas atau kemarau, oleh karena pada saat itu perkembangan Phytoplankton menjadi sangat sangat pesat.
Tukang bikin kolam minimalis 


Penyebab air hijau.

Air hijau disebabkan Phytoplankton, Phytoplankton adalah organisme yang ber-ukuran sangat kecil sekali berdiameter 15 milicorn, sehingga disebut mikroorganisme.
Phytoplankton termasuk dalam keluarga ganggang yang biasanya disebut dengan ganggang hijau, ganggang ini memiliki ribuan species. namun ganggang dapat dipisahkan menjadi 2 kategori.
  • Kategori pertama,
Phytoplankton/Ganggang yang berserat, ganggang ini yang sering menjadi lumut di dinding kolam.
  • Kategori kedua,
Ganggang ber-sel satu ini yang menyebar dalam air dan menyebabkan air kolam menjadi hijau.
Ganggang ber-sel satu juga memiliki berbagai jenis spesies, jenis spesies yang sering menjadi penyebab utama air hijau  adalah ganggang biru- hijau yang dinamakan microcystis dan anabaena.
Karena sangat banyaknya kandungan ganggang di-dalam air se-olah2 air kolam menjadi hijau, sama seperti asap diudara semakin banyak dan tebal asap, se-olah2 udara menjadi putih, contohnya mega diudara terdiri dari kumpulan asap tebal,

Tingkat pertumbuhan Phytoplangton  

Kondisi yang sangat berpengaruh membuat air menjadi hijau adalah, suhu/temperatur air, pada suhu air di atas 250C pertumbuhan Phyoplankton lebih pesat di bandingkan suhu air yang lebih rendah, air hijau biasanya hanya terjadi pada musim panas, ketika temperatur mulai meningkat.
Maka jelaslah sudah bila kolam yang terbuka (terkena sinar matahari) memiliki resiko yang lebih tinggi untuk masalah air hijau.
Sepeti layaknya tanaman, Phyoplankton juga melakukan fotosintesa untuk tumbuh pada saat proses fotosintesa berlangsung, Phytoplankton menyerap energi dari sinar matahari, oksigen terlarut dalam air, dan nutrisi dalam kandungan air, khususnya nitrat yang dihasilkan oleh bakteri nitrifikasi.

Air kolam selalu jernih

Ada beberapa kolam yang tidak pernah mengalami masalah dan airnya selalu jernih,
Penyebabnya adalah, tidak tersedianya fasilitas untuk berkembangnya Phytoplankton, misalnya kolam indoor atau karena air kolam yang bersuhu rendah.
Namun terdapat pula teori lain yang menjelaskan bahwa di dalam system filter biologi terdapat jenis bakteria alami yang mengkonsumsi jasat mati (bakteri heterotrophic), bakteri ini terbentuk dengan sendirinya ketika bakteri mengkonsumsi ganggang yang mati, bakteri ini menghasilkan antibiotic yang dapat membunuh dan melemahkan ganggang, hingga suatu saat dimana tercapainya ekosistem/keseimbangan dalam system filter biologi, ganggang atau Phytoplankton tidak dapat tumbuh lagi,

Air kolam jernih tiba-tiba menjadi Hijau

 Tidak menutup kemungkinan kolam yang pada awalmya baik-baik saja alias tidak bermasalah tiba-tiba airnya menjadi hijau, hal ini biasanya terjadi pada musim panas/kemarau karena naiknya suhu air atau kolam terkena sinar matahari secara langsung,
Pada saat panas/kemarau suhu air di dalam kolam cenderung meningkat, dengan meningkatnya suhu maka tingkat pertumbuhan Phytoplangton atau Ganggang menjadi pesat (Booming),
Pada saat musim penghujan atau saat suhu rendah dengan kondisi yang ada kolam tidak ada masalah alias apik-apik wae, namun saat tingkat pertumbuhan Phytoplangton/Ganggang booming, air kolam menjadi hijau,
Penyebab terjadinya kasus ini adalah, kurang maksimalnya fungsi kerja filter atau terjadi perubahan pada kondisi air, sehingga menyebabkan terganggunya keseimbangan/ekosistem.
Perubahan air jernih menjadi hijau dapat pula terjadi karena pembersihan pada filter/chamber filter biologi, sehingga ekosistem/tingkat keseimbangan berubah dan membuat air menjadi hijau, namun perubahan itu akan kembali normal (air kembali jernih) pada saat dimana keseimbangan tersebut tercipta kembali.

Pengaruh negatif air hijau terhadap KOI.

Efek utama dari dampak air hijau adalah, pada daya pandang dalam air, sehingga bukan haya sulit untuk menikmati  keindahan KOI, tetapi lebih sulit lagi dalam memberikan perhatian kesehatan secara fisik.
Efek negatif yang lebih membahayakan adalah ketika malam hari tiba, dimana Phytoplangon/Ganggang hijau mulai mengkonsumsi oksigen akan menghasilkan karbondioksida untuk proses respiratory sistemnya. Sehingga menyebabkan turunnya kadar oksigen dalam air dan mempunyai efek secara tidak langsung terhadap pertumbuhan bakteri pada filter bioologi maupun KOI.

Pengaruh positif air hijau terhadap KOI.

Disamping segi negatif, air hijau juga memiliki beberapa segi positif yang mana pada air hijau sering terkandung ganggang hijau lainnya, seperti : Chlorelia, Cloterium, dan Spirulina,
Air dengan kandungan chiorelia yang tinggi, biasanya juga mengandung  Daphnia dan Zooplankton lainnya, yang menjadi sumber makanan untuk ikan.
Spirulina juga baik untuk ikan KOI. karena Spirulina dapat meningkatkan kesehatan dan mencerahkan kualitas warna KOI.
Oleh karena itu, seringkali ikan yang hidup pada air hijau memiliki kualitas warna yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.
Untuk mendapatkan kebutuhan seperti disebutkan diatas caranya adalah, membiarkan hidup Ganggang/Lumut yang berada pada dinding kolam dengan catatan Ganggang/Lumut yang berada didalam air harus bersih karena ganggang yang berada didalam air menjadi penyebab hijaunya air.

Pengalaman penulis (ASRI KOI),

Pada tahun 2006 pernah membuat filter untuk kolam (KOI) pada sebuah Fasilitas umum (Fasum) perumahan elit di kota surabaya (Citra Land) dengan luas 154 M2 dan kedalaman air hanya 60Cm, (bisa enggak yaa...ngebayangin suhunya), apalagi kolam tersebut terkena sinar matahari secara langsung sepanjang hari dan tanpa naungan secuilpun, sampai sekarang tidak ada masalah (airnya tetap bersih dan jernih).
Sehingga penulis menyimpulkan ; Bila kapasitas/volume Filter mencukupi (30%) dari kapasitas Kolam dan sistemnya berfungsi dengan  baik dan benar, maka hasilnya akan maxsimal.

PERMOHONAN MAAF

Materi rangkuman/artikel yang saya buat ini saya sadur dari berbagai sumber serta pengalaman pribadi,
Saya belum/tidak dapat menyebutkan satu persatu sumbernya, dikarenakan pada setiap artikel yang saya saduran ini terdiri dari berbagai sumber (terkadang sumbernya berbeda namun isinya sama).
Kepada sumber2 yang  materinya tersadur dalam rangkuman/artikel ini,  saya dengan rendah hati memohon ma’af dari lubuk hati yang paling dalam, dan apabila merasa keberatan maka saya akan merevisinya atau segera mencantumkan sumbernya.

agas nursery / sentra tanaman hias makassar 
jl.danau tanjung bunga makassar no 88 makassar sul-sel

E-mail : cv.arygasebo@gmail.com
Contac Persont : ary gasebo
Hp. 081 3436 400 44
081343640044 tukang taman makassar
081343640044 tukang taman makassar jasa tukang taman makassar dan penyewaan tanaman hias jl.danau tanjung bunga 88. 50 mtr dari polsek tamalate/sekta 11, atau tanyakan stand "arygasebo nursery" kami memiliki 3 stand disana) cara pemesanan melalui via telpon ke 081 343640044 atau email ke cv.arygasebo@gmail.com kami melayani pemesanan keseluruh wilayah indonesia

1 komentar untuk "penyebab air hijau pada kolam"

  1. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya,
    Saya ingin menanyakan apakah abang punya pengalaman menggunakan filter air pada kolam ikan? apakah air nya masih berwarna hijau dan berlumut?

    BalasHapus